Thursday, December 19, 2013

Installing Prolific USB to Serial in Windows 8/7 x64

Sejak dapat sarana ngoprek arduino untuk proyek AC, jadi mulai tertarik kembali mengulang pelajaran microntroler. Salah seorang rekan ngoprek, mas maful, memiliki AVR ISP v2 USB downloader yang tidak dapat digunakan karena ada masalah dalam instalasi driver Prolific.

Sudah mencoba install driver Prolific terbaru dari webnya PL2303_Prolific_DriverInstaller_v1.9.0.zip, Namun, yellow mark, tanda driver tidak dapat bekerja dengan baik masih belum hilang.

yellow mark
Salah satu pesan error yang timbul adalah karena dicurigai chip yang palsu. Dari hasil browsing, salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dari halaman mikrolor.

Solusi yang dapat digunakan adalah dengan menginstall driver Prolific versi sebelumnya v 3.2.0 yang salah satunya dapat didownload di sini. Baik untuk windows vista/7/8 versi x86 maupun x64.

Setelah selesai instalasi, maka pada Device Manager, klik kanan pada Port COM Prolific USB yang masih memiliki tanda seru (misal pada gambar, COM5), lalu pilih Update Driver Software..>>Browse My computer for driver sofware >> let me pick from a list of device drivers on my computer>> Ports (COM & LPT) >> pilih driver versi 3.2.0.0 >> lanjutkan untuk instalasi.
Pilih driver versi 3.2.0.0
Coba lepaskan USB lalu colokkan kembali USB. Jika berhasil maka, tanda seru akan hilang.

Yellow Mark telah hilang

Lalu tes serial dengan menggunakan program checkChipVersion_v1006.exe yang terdapat dalam file archive Prolific versi terbaru. Maka akan muncul pesan sukses: This is a PL-2303 XA /HXA chip. 

Semoga Berhasil.

4 comments:

  1. Terimakasih banyak banyak om gelatikdalam sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, sama2 mas paslah.com.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, sama2 mas paslah.com.

    ReplyDelete
  4. link mati om. masih di web yg sama seh, cuman brubah tautan.
    trims ternyata berhasil.
    untung yg jual gak jadi ane maki2

    ReplyDelete