Tuesday, February 18, 2014

Mahad Imam Malik: Belajar Bahasa Arab

Gambar Masjid As-Sidiq, sumber: nyari di FB
Alhamdulillah, Mahad Imam Malik yang berlokasi di Masjid As-Sidiq Kebon Gedang, Bandung kembali membuka kelas bahasa Arab dan tadribud dua't. Kelas akan dilangsungkan setiap hari Senin hingga Jumat mulai dari selepas Isya' hingga pukul 21.30. Jadi sangat cocok untuk kalangan pekerja.

Namun, jika pada kesempatan sebelumnya (sekitar 1 tahun yg lalu) kelas Bahasa Arab menggunakan kitab Arabiyah bayna yadaik (ABY), namun sekarang lebih ditekankan pada penguasaan Nahwu dan Shorf. ABY hanya diperkenalkan pada kelas pertama (dasar) untuk memperkaya kosa kata. Namun, pada tingkat selanjutnya digunakan kitab Muyasar Ust. Aceng Zakaria dan Kitab At-Tashrif A.Hasan-Hafizhohumallah. Sepertinya -wallahua'alam lebih ditekankan untuk penguasaan bahasa dalam memahami kitab sehingga siap untuk masuk kelas tadribud du'at. Yang menarik, program kelas bahasa Arab ini terus diupayakan meskuipun pasti banyak kendala yang ada. Panitia terus berupaya memperbaiki proggramnya tanpa harus menghentikan kegiatan. Semoga Allah membalas kebaikan mereka yang senantiasa mencurahkan waktu, tenaga, dan harta di jalan dakwah ini.

Pada kesempatan ini saya mendapat kesempatan masuk di kelas III. Panduan yang digunakan adalah kitab Muyasar Jilid III dan Kitab At-Tashrif Jilid II yang diasuh oleh Ust. Abu Abdillah Dede (Nahwu) dan Oleh ***[argh.. lupa, Allahu musta'an] Ust. Dani, sementara Ustadz Chandra ikut mengisi pelajaran Qiroah-Hafizho humullah--. Semoga kali ini bisa lebih lurus dalam niat dan lebih istiqomah belajar bahasa Arab di sini. Setidaknya selama satu semester ini. Amiin.

No comments:

Post a Comment