Friday, February 28, 2014

Install Driver USB Serial FTDI Arduino Uno Windows 8

FTDI chip:  http://www.ftdichip.com/FTDrivers.htm

Setelah sebelumnya berkutat pada arduino Nano, sekarang mendapatkan tantangan untuk menggunakan arduino uno. Berbeda dengan FTDI pada Arduino yang bisa langsung plug and play, belum apa-apa, ternyata Arduino Uno ini sudah mengalami masalah: USB Device not worked. Unknown Device. USB Serial Arduino Uno tidak terdeteksi. Nampaknya tidak ada driver yang sesuai.

Setelah coba melakukan searching, maka didapat cara yang sederhana tanpa perlu mengginstal driver yang unsigned. Sehingga tidak perlu lagi menginstall driver sebagaimana ketika meng-install driver USBasp agar dapat berjalan pada windows 8 (menggunakan metode force install unsigned driver) karena dibutuhkan beberapa kali reboot.

Berikut langkah-langkahnya yang diambi dari sini:
1. Buka Device Manager dalam keadaan USB Serial Arduino Uno terpasang
2. Pada Unknown Device yang bertanda marka kuning, klik kanan lalu Update Driver Software
3. Lalu pilih cari driver yang tersedia pada computer, "Browse my computer for driver software"
4. Lalu pilih driver dari daftar yang tersedia, "Let me pick from a list of device drivers on my computer"
5. Pilih kategori Modem >> Manufacture Compaq >> pilih model Ricochet Wireless USB Modem 6. Pilih OK lalu continue sampai proses instalasi selesai dan Arduino Uno akan terdeteksi sebagai modem Ricochet Wireless USB Modem ini
7. Update kecepatan max transfer data 9600 , dengan klik kanan >> properties
8. Pada tab Advance >> Klik Advance PORT Setting >> hapus centang pada menu FIFO buffer
9. Perhatikan COM Port yang digunakan untuk pengaturan pada Arduino IDE
10. Selesai, bisa lakukan pengujian

* Belum bisa ngasi screenshoot karena pengeditan tulisan ini pada OS Ubuntu 12.04
** Pada umumny untuk linux tidak diperlukan instalasi driver secara khusus, akan langsung terdeteksi sebagai /dev/ttyACM0, dalam kasus ini saya menggunakan Ubuntu 12.04.3
*** Tambahan dari blog ini juga, beliau mengetahui metode ini dengan mengamati driver Arduino Uno yang sebenarnya tidak menginstal driver secara khusus akan tetapi hanya memberikan id menggunakan usbser.sys. Dengan mengamati pada "C:\Windows\inf" dapat diketahui bahwa modem ini menggunakan driver yang sama. Windows akan memperlakukan Arduino Uno seperti COM Port karena kita tidak akan menggunakan Arduino untuk proses dial-up.

Sumber: dawdevel blog


No comments:

Post a Comment