Friday, February 28, 2014

Create Shortcut Launcher in Ubuntu

Sebenarnya pada Ubuntu 12.04 yang telah menggunakan Unity, secara default akan terdapat sidebar aplikasi di sebelah kiri yang berisi launcher untuk menjalankan aplikasi. Untuk menambah launcher dapat dengan mudah menjalankan suatu aplikasi, lalu ketika muncul aplikasi yang sedang berjalan pada sidebar ini lalu klik kanan, dan lock in the launcher. Namun, terkadang ada beberapa program yang kurang berjalan dengan baik ketika menggunakan metode ini.
Terkesan tidak rapi karena akan membentuk icon baru ketika aplikasi berjalan. Salah satunya adalah launcher untuk Arduino IDE yang akan memunculkan icon baru processing_app_Base.desktop. Untuk kasus seperti ini akan lebih nyaman untuk membuat shortcut aplikasi.

Dari command line:
gnome-desktop-item-edit Desktop --create-new
mengisi properti desktop launcher
Create Launcher, Ubuntu 12.04.3 

lalu akan mencul simple dialog untuk menunjukkan arah program yang ingin dieksekusi dan command lain yang diperlukan ketika eksekusi.

Metode ini sangat membantu untuk aplikasi-aplikasi yang bersifat portable dan belum terinstal pada sistem. Namun, untuk aplikasi yang telah terinstal pada sistem dapat dilakukan dengan cara, pergilah ke /usr/share/application lalu pada aplikasi yang ingin dibuat shortcutnya, klik kanan, copy to >> desktop.

Sumber: 

No comments:

Post a Comment